HALAMAN PENGESAHAN
Bismillahirrohmanirrahim
Setelah diadakan pengarahan,
bimbingan, koreksi dan pengadaan seperlunya dari Laporan Akhir KKN tematik Posdaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Angkatan ke-77 Tahun Akademik 2012, saudara:
1. Nama :Kunto Andi Setiyawan
2. NIM : 09210077
3. Fakultas/Jurusan : Dakwah
4. Lokasi : Warak
5. Kelurahan : Girisekar
6. Kecamatan : Panggang
7. Kabupaten : Gunungkidul
8. DPL : M Ainul
Yaqin, S.Pd, M.ed
Maka dipandang sudah
memenuhi syarat untuk diajukan sebagai Laporan Akhir KKN tematik Posdaya UIN Sunan Kalijaga dari
saudara tersebut di atas.
Demikian pengesahan ini kami berikan,
semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Gunungkidul, 6 September 2012
Dosen
Pembimbing Lapangan
M Ainul Yaqin, S.Pd. M.ed
NIP. 19740612 200312 1001
KATA PENGANTAR
السلام عليكم ورحمة
الله وبركاته
Alhamdulillah,
segala puji bagi Alloh yang telah terlimpahkan berbagai rahmat, nikmat, taufik serta hidayah-Nya sehingga Rencana
Program Kerja Kuliah Kerja Nyata Angkatan ke-77 yang
berlokasi di dusun Warak, Desa Girisekar, dapat berlangsung dengan lancar dan
sesuai dengan yang sudah direncanakan.
Ungkapan rasa terima kasih penulis
sampaikan kepada:
1. Kedua orangtua dan keluarga besar saya yang berada di Magelang,
Jawa Tengah.
2. Prof. Dr. H. Musa
Asy’arie selaku Rektor UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
3. Dr. H. Maksudin, M.Ag
selaku Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
4. Drs. Supriatna, M.Si selaku Kepala PPM LPM
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
5. M. Ainul Yaqin,S.Pd. M.ed selaku Dosen Pembimbing Lapangan.
6. Drs. Bambang
Riyanto selaku Camat Pangang.
7. Drs. Sumiarto selaku Kepala
Desa Girisekar.
8. Bapak Sudarisman selaku Kepala
Dukuh Warak.
9. Tidak lupa juga kepada semua pihak yang siap mendukung dan
membantu pelaksanaan KKN di Lokasi Dusun Warak yang tidak dapat
saya sebutkan satu-persatu.
Mudah-mudahan apa yang telah penulis laksanakan dapat bermanfaat khususnya bagi
penulis dan bagi masyarakat Dusun Warak, dan pula semua kegiatan yang telah
dilaksanakan dapat menjadi sesuatu yang berguna untuk masyarakat
. Kritik dan saran sangat penulis
harapkan guna evaluasi bagi pelaksanaan KKN
selanjutnya.
والسلام
عليكم ورحمة الله وبركاته
Gunungkidul, 6 September 2012
Penyusun
Kunto Andi Setiyawan
NIM: 09210077
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL
HALAMAN
PENGESAHAN ...............................................................................
KATA
PENGANTAR ...........................................................................................
DAFTAR
ISI ...........................................................................................................
BAB I : PENDAHULUAN ....................................................................................
A.
Gambaran Umum Desa ................................................................................
1.
Peta Wilayah..............................................................................................
2.
Keadaan sosial ekonomi ...........................................................................
3.
Sosial Politik ..............................................................................................
4.
Sosial Budaya ............................................................................................
5.
Sosial Keagamaan Masyarakat Dusun Warak.......................................
BAB II : PROSES/ALUR KEGIATAN .............................................................
A.
Alur Kegiatan ................................................................................................
B.
Bentuk-Bentuk Kegiatan ..............................................................................
C.
Proses yang dijalankan..................................................................................
D.
Tanggapan Masyarakat.................................................................................
BAB III : HASIL DAN DAMPAK ......................................................................
A.
Hasil yang Dicapai..........................................................................................
B.
Dampak Perubahan yang Terjadi ...............................................................
BAB IV : RENCANA TINDAKAN LANJUT DAN
REFLEKSI.....................
A. Rencana Tindak Lanjut ................................................................................
B. Refleksi (Hikmah) ..........................................................................................
BAB V : PENUTUP ...............................................................................................
A.
Lampiran (Gambar/sketsa, Foto dsb)...........................................................
BAB I
PENDAHULUAN
Pada
hakikatnya KKN merupakan realisasi dari falsafah pendidikan nasional yang
berlndaskan Pancasila UUD 1945.
Kegiatan KKN juga merupakan upaya untuk mengejawantahkan nilai-nilai
dasar yang terkandung dalam Tri Dharma Perguruan tinggi yaitu Pendidikan,
Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan tinggi yang ke tiga yaitu pengabdian kepada masyarakat,
maka tanggung jawab mahasiswa setelah mendapatkan teori-teori di bangku
perkuliahan adalah mentransfer dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang
diperoleh kepada masyarakat. Maka dari itu, seyogyanya seorang mahasiswa dapat
mengukur kesiapan dan kemampuan yang nantinya seorang mahasiswa benar-benar
dapat menjadi bagian dari masyarakat luas.
Berawal
dari pemikiran di atas, maka pembenahan dan pembangunan moral spiritual yang
dilakukan harus dimulai dari pihak masyarakat yang paling bawah. Berkaitan
dengan pemikiran tersebut, maka KKN dapat dijadikan ajang untuk menghantarkan
mahasiswa agar bersentuhan langsung dengan
lapisan masyarakat melalui program yang berkaitan dengan pembangunan
wawasan dan kualitas keagamaan serta penunjang lainnya. Program-program yang
ditawarkan hendaknya bisa direspon serius oleh semua pihak agar program
tersebut dapat bernilai guna secara positif. Tak kalah pentingnya, program ini
sesungguhnya mewujudkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat.
A. GAMBARAN UMUM DUSUN WARAK
a.
Letak Geografis
Wilayah
dusun Warak terletak di desa Girisekar dan terletak Ketinggian tanah dari
permukaan laut 400 m. Jarak dari Pemerintahan Propinsi Yogjakarta 39 Km. Dusun
Warak merupakan salah satu dari 6 dusun di wilayah kelurahan Girisekar
kecamatan Panggang kabupaten Gunung Kidul.
Dusun Warak mempunyai luas 2.115,0000 Ha,
terdiri dari tanah pemukiman, tegalan, sawah dan pekarangan.
Dusun Warak dibagi menjadi 13 Rukun Tetangga
(RT) dan 2 Rukun Warga (RW). Berikut struktur pemerintahan dusun Warak tercantum dalam tabel di bawah ini.
Daftar Struktur Pemerintahan Dusun Warak
No
|
Nama
|
Jabatan
|
1.
|
Sudarsiman
|
Dukuh
|
2.
|
Murdiyono
|
Ketua RW
|
3.
|
Sadono
|
Ketua RT 1
|
4.
|
Murdi Sutrisno
|
Ketua RT 2
|
5.
|
Cipto Purnomo
|
Ketua RT 3
|
6.
|
Suharyadi
|
Ketua RT 4
|
7.
|
Riyanto
|
Ketua RT 5
|
8.
|
Murdi Sutrisno
|
Ketua RT 6
|
9.
|
Surojo
|
Ketua RT 7
|
10.
|
Budi Harsono
|
Ketua RT 8
|
11.
|
Prapto Utomo
|
Ketua RT 9
|
12.
|
Gondo Sutrisno
|
Ketua RT 10
|
13.
|
Barjo Siswanto
|
Ketua RT 11
|
14.
|
Karyoto
|
Ketua RT 12
|
15.
|
Sumirin
|
Ketua RT 13
|
Adapun batas-batas wilayah Desa
Girisekar adalah sebagai berikut:
·
Sebelah Utara :
Desa Girisuko
·
Sebelah Timur :
Desa Jetis, Saptosari
·
Sebelah Selatan :
Desa Girikarto
·
Sebelah Barat :
Desa Girimulyo
Penduduk Padukuhan Warak secara keseluruhan berjumlah sebanyak 1333 jiwa. Dari jumlah tersebut, mayoritas penduduk padukuhan ini beragama
Islam dan Untuk sarana peribadatan terdapat 6 buah masjid. Akan tetapi ada pula warga yang bukan beragama islam
Ini menunjukkan bahwa masyarakat padukuhan ini heterogen khususnya dalam hal
beragama, kerukunan antar umat beragama dapat terjalin dengan baik dan sifat
kegotong-royongan tetap terjaga.
b.
Keadaan Sosial Ekonomi
Di dusun Warak sebagian besar penduduknya adalah petani. Hal ini,
karena lahan yang ada di dusun tersebut cukup luas. Dengan berbagai tanaman
pohon yang tumbuh, seperti pohon jati, Sengon, dan pohon
ketela sangat potensial dan memiliki daya nilai ekonomis
tinggi dan
sebagai makanan kosumsi sehari-hari bagi
masyarakat. Selain itu, banyak warga yang
memelihara hewan ternak, seperti sapi, ayam kampung dan pembibitan ikan Lele. Sementara
warga yang berstatus sebagai pedagang tidak begitu banyak, apalagi mereka yang
diangkat sebagai PNS dan POLRI hanya segelintir orang saja. Artinya, penduduk
dusun Warak lebih didominasi oleh para kaum petani, baik yang
laki-laki maupun perempuan.
c.
Sosial-Budaya-Politik
Dibidang sosial kemasyarakatan, warga
dusun Warak memiliki
beberapa kegiatan. Seperti kegiatan Temu karang taruna Dusun Warak yang Bersifat Kondisional,
Kegiatan
sholawatan yang diadakan seminggu sekali, kegiatan arisan Ibu-ibu hari senin, Posyandu,
PAUD, keolahragaan, dll.
Sementara kondisi sosial politik
masyarakat dusun Warak tidak banyak yang berkecimpung
dalam dunia perpolitikan. Hal ini, karena masyarakat dusun Warak pada umumnya kurang mendapatkan akses informasi dan
pengetahuan yang memadai. Namun setelah reformasi hingga sekarang, kegiatan
keorganisasian dan perpolitikan mulai marak. Hal ini, bisa dilihat dengan
adanya organisasi pemuda Karang Taruna, Struku
keorganisasian Tinggkat dukuh, RW, RT, Pejabat BPD dan perangkat desa/dusun setempat.
d.
Sosial-Keagamaan Masyarakat Warak
Penduduk dusun Warak yang mayoritas beragama Islam tidak semuanya memiliki
antuisme yang baik, dalam hal ini bisa dilihat dari kurangnya kegiatan yang
diikuti oleh warga serta minimnya shalat lima waktu yang bahkan nyaris hampir
tidak ada, misalnya pada sa’at shalat Subuh, Dzuhur dan Ashar karena berbenturan
dengan aktifias mereka yang berkerja di sektor pertanian. Di Dusun Warak terdapat pula sebuah pondok pesantren yang
cukup aktif dalam memberikan pengetahuan agama. Warga yang beragama islam dan
tidak beragama islam juga hidup dengan toleransi yang tinggi dan saling
menghormati.
e. Key Person: Tokoh-tokoh Masyarakat yang
berpengaruh
Adapun tokoh kunci/tokoh masyarakat yang
sangat berpengaruh di antaranya:
No
|
Nama
|
Jabatan
|
Keterangan
|
1.
|
Sumiarto
|
Kepala Desa
|
Instansi Pemerintah
|
2.
|
Sudarisman
|
Kepala Dukuh Warak
|
Instansi Pemerintah
|
3.
|
Samsuri
|
Kemakmuran
|
Instansi Pemerintah
|
4.
|
murdiyono
|
Ketua RW
|
Instansi Pemerintah
|
5.
|
Giyanto
|
Staf desa
|
Instansi Pemerintah
|
6.
|
Kahono
|
Warga Dukuh
|
Tokoh Masyarakat
|
7.
|
Barjo Siswanto
|
Ketua RT 11
|
Instansi Pemerintah
|
8.
|
Surojo
|
Ketua RT 07
|
Instansi Pemerintah
|
9.
|
suparjiono
|
Ta’mir Masjid
|
Tokoh Agama
|
10.
|
Tri Purnomo
|
Guru
|
Tokoh pemuda
|
11.
|
Pak Muh
|
Ta’mir Masjid
|
Tokoh Agama
|
12.
|
Suyadi
|
Ta’mir Masjid
|
Tokoh Agama
|
13.
|
Saryoto
|
Ta’mir Masjid
|
Tokoh Agama
|
14.
|
Yayan Eko
|
Anggota Kepolisian
|
Tokoh Pemuda
|
BAB II
PROSES/ALUR KEGIATAN
A.
Alur Kegiatan (awal dan akhir)
Berdasarkan penelitian dan observasi baik dengan
perangkat desa, tokoh agama, dan masyarakat pada umumnya baik secara formal
maupun non-formal selama satu minggu pertama, terhitung mulai hari Selasa 17 Juli sampai dengan hari Senin
23 Juli 2012 di Lingkungan Dusun Warak, maka dapat diketahui permasalahan yang terdapat di masyarakat Lingkungan
Dusun Warak. Hal tersebut
yang memerlukan penyelesaian dalam bentuk program kerja yang akan dirintis.
Adapun rincian dari alur kegiatan masing-masing program yang dijalankan adalah
sebagai berikut:
1. Planning
Identifikasi
masalah
Ø SD N SAWAH III Kurangnya minat belajar membuat karya tulis seperti
cerpen , puisi , kliping , dan fasilitas mading di sekolahan kosong dan ketiadaan pendamping
dalam belajar mading mengakibatkan minat siswa
untuk belajar karya melalui mading menjadi kurang.
Ø
Kurangnya pendamipangan pengenalan dan memahami Huruf Hijaizah
Ø Kurangnya acara
perlombaan yang dapat memacu siswa untuk belajar dan berprestasi.
Ø Kurangnya fasilitas masjid
Hasil
Ø Kurangnya pendampingan belajar pengolalan madding
Ø Kurangnya pendampingan Belajar mengenal huruf hijaizah, maka diharapkan
dapat menumbuhkan dan membantu Anak- anak dusun
Warak membaca
dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
Ø Agar memperindah tampilan masjid
supaya masyarakat dusun warak bisa nyaman dan khusu dalam menjalankan ibadah di masjid.
Ø Jarang diadakan lomba yang memacu prestasi anak-anak.
Rencana Program
Ø Pelatihan
pembuatan Mading
Ø Pendampingan Bimbel ( Huruf Hijaiyah)
Ø Pengadaan fasilitas masjid al Qubah
Ø
Mengadakan
lomba membaca puisi.
2. Organizing
Pelaksanaan program yang akan dijalankan serta
estimasi biaya disajikan sebagai berikut:
Organizing Progam Kerja
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Biaya (rupiah)
|
1.
|
Pelatihan dan
Pengelolaan pembuatan mading di SD N Sawah III
|
Setiap dua kali dalam seminggu
|
200.000,00
|
2.
|
Pendampingan Bimbel (huruf
Hijaiyah)
|
Setiap tiga kali dalam seminggu
|
75.000,00
|
3.
|
Mengadakan lomba membaca Pidacil
|
12 Agustus 2012
|
200.000,00
|
4.
|
Memperbaiki fasilitas di Masjid Al Qubah
|
5 September 2012
|
75.000,00
|
3. Actuating
Adapun program yang direncanakan dapat
direalisasikan seperti disajikan dalam tabel di bawah ini:
Actuating Progam Kerja
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Waktu Pelaksanaan
|
Biaya (rupiah)
|
1.
|
Pelatihan dan
Pengelolaan pembuatan mading di SD N Sawah III
|
Setiap dua kali dalam seminggu
|
100.000,00
|
2.
|
Pendampingan Bimbel (huruf
Hijaiyah)
|
Setiap tiga kali dalam seminggu
|
75.000,00
|
3.
|
Mengadakan lomba membaca Pidacil
|
12 Agustus 2012
|
200.000,00
|
4.
|
Pengadaan lafad Allah
dan Muhammad
|
5 September 2012
|
75.000,00
|
4. Controlling
Adanya pendampingan
pembuatan mading SD alhamdulillah mendapat respon yang baik dari
anak-anak maupun dari orang tua
mereka, bahkan anak-anak bisa menuangkan hasil tulisan di dalam mading
tersebut.
Setelah diadakanya kegiatan bimbingan pengenalan huruf hijaizah
mendapatkan respon yang sangat bagi usia dini di Dusun Warak. Dengan adanya
bimbingan dilihat dari
antusias mereka yang sangat tinggi dalam proses belajar
pengenalan huruf hijaiah Dengan diadakannya
pendampingan Belajar mengenal huruf hijaizah, maka diharapkan dapat menumbuhkan
dan membantu Anak- anak dusun
Warak membaca
dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan lomba Pidacil sangatlah menarik bagi anak-anak dusun Warak ini dapat
dilihat dari banyaknya pendaftar yang mengikuti lomba, selain untuk menambah
semangat anak-anak dusun Warak untuk berprestasi, lomba pidacil itu juga menambah kemampuan Berdakwah dan mencetak generasi pendakwah.
Setelah pengadaan fasilitas Lafad Allah dan
Muhammad di masjid al Quba , juga Agar memperindah
tampilan masjid supaya masyarakat dusun warak bisa nyaman dan khusuk dalam
menjalankan ibadah di masjid.
Bentuk-Bentuk
Kegiatan
Berdasarkan informasi yang masuk dan dengan didukung oleh pengamatan
langsung selama satu minggu di lokasi dapat diidentifikasi dan dirumuskan
bentuk-bentuk kegiatan sebagai berikut:
1. Bidang Kefakultasan/Jurusan/Prodi
a.
Pelatihan pembuatan
Mading
b.
Pendampingan Bimbel (
Huruf Hijaiyah)
2. Bidang Penunjang
a.
Pengadaan fasilitas masjid
b. Pengadaan lomba
B. Proses Dijalankan
Proses program kerja yang telah direncanakan secara mendetail dijelaskan
dalam tabel sebagai berikut:
1.
Bidang Kefakultasan
a.
Pendampingan Bimbel (
Huruf Hijaiyah )
No
|
Tanggal
Kegiatan
|
Pelaksana
|
Kegiatan
|
Biaya (Rupiah)
|
|
Mhsw
|
Anak
|
||||
1.
|
22 juli-10 Agustus
|
1
|
15
|
Pendampingan Bimbel ( Huruf
Hijaiyah)
|
75.000,00
|
Jumlah
|
|
75.000,00
|
- Pelatihan pembuatan Mading di SD N SAWAH III
No
|
Tanggal
Kegiatan
|
Pelaksana
|
Kegiatan
|
Biaya (Rupiah)
|
|
Mhsw
|
Anak
|
||||
1.
|
23 juli-10 Agustus
|
1
|
27
|
Pelatihan pembuatan pengelolaan Mading SD N SAWAH III
|
100.000,00
|
Jumlah
|
|
100.000,00
|
2.
Bidang Penunjang
a.
Mengadakan
lomba Pidacil
No
|
Tanggal
Kegiatan
|
Pelaksana
|
Kegiatan
|
Biaya (Rupiah)
|
|
Mhsw
|
Anak
|
||||
1.
|
12 Agustus 2012
|
1
|
15
|
Mengadakan lomba membaca Pidacil
|
200.000,00
|
Jumlah
|
|
200.000,00
|
b.
Pengadaan
fasilitas Masjid
No
|
Tanggal Kegiatan
|
Pelaksana
|
Kegiatan
|
Biaya (Rupiah)
|
|
Mhsw
|
anak
|
||||
1.
|
5 September 2012
|
1
|
-
|
Pengadaan lafad
Allah Dan Muhammad di masjid al Quba
|
100.000,00
|
Jumlah
|
|
100.000,00
|
D.
Tanggapan Masyarakat
1.
Program Prodi/ Jurusan
a.
Pelatihan pembuatan
Mading
Program bimbingan
belajar atau pelatihan
pembuatan mading ini dilaksanakan setiap dua kali dalam satu minggu dengan
peserta anak-anak SD yang
berdomisili di dukuh Warak. Dan membantu anak anak
bias dapat menulis dan berkarya.
b.
Pendampingan
Belajar mengenal huruf hijaizah
Program ini Dengan
diadakannya pendampingan Belajar mengenal huruf hijaizah, maka diharapkan dapat
menumbuhkan dan membantu Anak- anak dusun Warak membaca dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan
sehari-hari
2.
Program Penunjang
a.
Mengadakan
lomba membaca Pidacil
Dalam
program ini dilaksanakan pada
tanggal 12 Agustus dengan
peserta anak-anak padukuhan Warak. Sambutan dari anak-anak sangatlah antusias
dengan banyaknya jumlah peserta. Program ini tidak hanya di dukung oleh
anak-anak melainkan juga oleh orang tua dengan harapan para anak-anak padukuhan
warak dapat lebih berprestasi dan Menambah kemampuan Berdakwah
dan mencetak generasi pendakwah
b.
Pengadaan Lafad Allah dan Muhammad
Program ini
sangat mendapat sambutan penuh dari tamir masjid Al Quba dikarenakan kondisi dalam masjid
sangat kekurang lafad dan perlu
adanya penambahan fasilitas. Penyerahan tirai dilaksanakan tanggal 5 September dan diterima langsung oleh tamir
masjid Al Quba.
BAB
III
HASIL
DAN DAMPAK
(Kuantitatif
dan Kualitatif)
A.
Hasil yang dicapai
1.
Hasil Kuantitatif
a.
Terselesaikannya
program pelatihan dan pengelolaan mading di SD N Warak III yang
dilaksanakan setiap dua kali dalam
satu minggu hari selama masa KKN. Dengan rata-rata jumlah peserta 15-25 anak di tiap-tiap pertemuan.
b. Terselesaikannya program pendampingan
bimbingan dan pengenalan huruf hijaizah yang dilaksanakan setiap dua kali dalam satu minggu selama masa KKN dan bertempat di Posko KKN.
Dengan rata-rata jumalah 10-20 anak di tiap pertemuan.
c.
Terselesaikannya
program lomba pidacil pada tanggal 12 Agustus bertempat di SD N SAWAH III dengan jumlah anak-anak yang ikut
berpartisipasi sebanyak 15
anak.
d.
Terselesaikannya
program pengadaan Lafad
Allah dan Muhammad di masjid Al Quba ,secara langsung diterima oleh takmir
masjid Al Quba.
2.
Hasil Kualitatif
a.
Dengan progam pelatihan dan pengelolaan mading
meningkatakan anak-anak di SD N III Warak dan mampu memahami juga mempratekan
dan membuat isi mading secara baik.
b.
Dengan adanya
pengenalan huruf hijaizah anak anak usia dini akan bisa membaca alquran dengan
baik dan benar , juga mendorong anak bisa semakin beriman kepada Allah.
c.
Memberikan sarana penunjang bagi kemampuan anak-anak supaya memompa semangat mereka agar lebih giat dalam Berdakwah islam
d.
Agar memperindah tampilan masjid supaya masyarakat
dusun warak
bisa nyaman dan khusu dalam menjalankan ibadah di masjid
B.
Dampak Perubahan yang terjadi
1.
Program pelatihan dan pengelolaan mading di SDN Sawah
III
Setelah
berlangsungnya program ini, tentunya progam pelatihan dan pengelolaan
mading diharapkan anak-anak di SDN Sawah 3, Mampu Memahami, Mempraktekan dan
Membuat Manding secara baik dan optimal ( Puisi, Cerpen, Kliping dll)
- Program pendampingan bimbel huruf hijaiazah
Program ini
membawa dampak positif bagi anak-anak desa warak dikarenakan meraka ingin minat
bisa membaca alquraan dengan baik.
Dengan adanay program ini membuat semangat anak-anak , maka diharapkan dapat menumbuhkan dan membantu
Anak- anak dusun Warak membaca
dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari.
- Program lomba pidacil
Dari program lomba pidacil Menambah kemampuan Berdakwah dan mencetak generasi pendakwah
- Program pengadaan lafad Allah dan Muhammad
Setelah berlangsungnya program ini, di harapakan Agar memperindah tampilan masjid supaya masyarakat
dusun warak
bisa nyaman dan khusu dalam menjalankan ibadah di masjid
BAB IV
RENCANA TINDAKAN LANJUT DAN REFLEKSI
A.
Rencana Tindak-tindak Lanjut
Program-program KKN yang telah
dilaksanakan, tentunya memiliki rencana, dan pastinya memiliki rencana untuk
menindaklanjuti sehingga program tersebut tetap eksis dan berkembang dengan
baik.
Tindak Lanjut
No.
|
Program KKN
|
Refleksi Tindak Lanjut
|
1.
|
Program Pendampingan Pelatiahan Pembuatan Mading
|
Diharapkan anak-anak di SDN Sawah 3,
Mampu
Memahami, Mempraktekan dan Membuat
Manding secara baik dan optimal ( Puisi, Cerpen, Kliping dll)
|
2.
|
Pendampingan pengenalan Huruf Hijaizah
|
Diharapkan dapat menumbuhkan dan membantu
Anak- anak dusun Warak membaca
dan mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari
|
3.
|
Lomba pidacil
|
diharapkan
Menambah kemampuan
Berdakwah dan mencetak generasi
pendakwah
|
4.
|
Pengadaan Lafadz Allah dan Muhammad
|
Agar memperindah tampilan
masjid supaya masyarakat dusun warak bisa nyaman dan khusuk dalam menjalankan ibadah di masjid
|
B.
Refleksi (Hikmah)
Dari setiap program yang telah
dilaksanakan pasti mempunyai beberapa hikmah yang dapat dipetik bersama diantaranya:
1.
Hikmah yang paling utama adalah terhubungnya
silaturrahim yang kuat dengan masyarakat dusun setempat (Dusun Warak).
2.
Bertambahnya pengetahuan dan pelajaran hidup yang tidak
didapatkan di bangku kuliah dan belum pernah dialami.
3.
Belajar untuk mengendalikan diri, menghormati .dan
mengatasi karakter yang berbeda dengan kita.
4.
Indahnya kebersamaan bermasyarakat.
5.
Bertambahnya ketaqwa kepada Allah SWT .
BAB V
PENUTUP
Setelah
sekitar hampir dua bulan penulis berkecimpung dalam masyrakat untuk
melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, penulis banyak mendapatkan
pengalaman hidup dan pendidikan yang tidak penulis dapatkan di bangku akademik.
Ada beberapa hal yang sempat penulis rangkum dan simpulkan, antara lain sebagai
berikut:
1.
Seluruh
program kerja individu terlaksana dengan baik.
2.
Antusiasme
seluruh warga sangat tinggi dalam mengikuti seluruh kegiatan.
A.
Saran-saran
1.
Bagi
Masyarakat
a.
Hendaknya
masyarakat memelihara hasil pelaksanaan program kerja, bahkan menyempurnakan
segala kekurangan yang telah dilaksanakan oleh peserta KKN.
b.
Senentiasalah
melestarikan kehidupan yang rukun, gotong royong, saling tolong menolong dan
saling menghargai satu sama lainnya.
2.
Bagi Mahasiswa
a.
Hendaknya
melakukan observasi lapangan secara cermat dan optimal.
b.
Gunakanlah
lebih banyak waktu dengan masyarakat, salah satunya dengan selalu ikut serta
pada kegiatan masyrakat setempat agar lebih dekat dengan masyarakat.
c.
Rasa
kekeluargaan yang telah dibina dengan masyarakat hendaklah selalu dipertahankan
dengan tetap menjaga silaturrahim yang terjalin selama KKN.
d.
Jadikanlah
pengalaman selama KKN sebagai bekal nanti ketika benar-benar terjun ke
masyarakat dimana kita diam.
Demikian Laporan Akhir (Individual) ini
disusun, atas perhatian, arahan, serta bantuan dari semua pihak, penulis
haturkan terima kasih, dan semoga seluruh program yang penulis laksanakan dapat
bermanfaat. Amin
Gunungkidul, 6 September 2012
Penulis,
Kunto Andi Setiyawan
09210077
LAMPIRAN 1
CURRICULUM VITAE
Nama :
Kunto Andi Setiyawan
NIM :
09210077
Tempat/Tanggal Lahir : Magelang, 12 Mei 1989
Jenis Kelamin :
Laki-Laki
Agama :
Islam
Alamat Asal : Rejosari RT/RW 11/05
, Rejosari ,Pakis , Magelang
Alamat Jogja : Sorowajan
Baru , Banguntapan , Bantul
Nama Ayah :
Andi Mustofa
Nama Ibu :
Darmiyati
Pendidikan Formal :
·
SDN Rejosari : Lulus Tahun 2002
·
SMPN
1 Tegalrejo : Lulus Tahun 2005
·
SMA Muhammadiyah 1 Magelang :
Lulus Tahun 2008
·
UIN
Sunan Kalijaga :
Masuk tahun 2009
Lampiran 1. Foto-Foto Kegiatan
a) Bimbingan
belajar bahasa Inggris untuk anak
tingkat SD
b) Menjadi asisten pengajar di SD N
SAWAH III
c) Mengadakan lomba Pidacil
d) Penyerahan tirai pembatas untuk UKS SD
N SAWAH
DAPET NILAI BERAPI NI. LAPORAN BAGUSNYA KAYA GINI...
BalasHapus